Ilmu Administrasi Bisnis adalah program studi yang mempelajari bagaimana cara mengorganisasi/mengatur diri sendiri dan orang lain, mempelajari bidang strategi komunikasi bisnis, serta mempelajari mengambil keputusan untuk memecahkan setiap permasalahan bisnis perusahaan.

Program studi ini mempelajari berbagai mata kuliah yang sangat bersangkutan dengan praktek bisnis secara nyata seperti : Ilmu keuangan bisnis, sumber daya manusia, operasi bisnis,  teori dan perilaku organisasi, Leadership manajemen , Kewirausahaan, Ilmu pemasaran, perencanaan dan simulasi bisnis, teori pengambilan keputusan, dan ilmu pendukung lainnya

Program studi Ilmu Administrasi Bisnis ini memiliki prospek kerja yang sangat luas karena dibutuhkan oleh hampir setiap perusahaan, kemampuan lulusan administrasi bisnis ini sangat cocok untuk menjadi manajemen sebuah perusahaan.

Baiklah kita rangkum beberapa prospek kerja jurusan Administrasi Bisnis :

1. Staff Administrasi

Peluang kerja Ilmu Administrasi Bisnis salah satunya adalah menjadi staff di bagian Administrasi dari sebuah perusahaan, yang akan bertugas mengurus segala admisnistrasi dari sebuah perusahaan agar perusahaan tersebut berjalan secara baik.

Hampir setiap perusahaan akan membutuhkan staf administrasi, jadi peluang untuk menjadi staf administrasi di sebuah perusahaan akan sangat terbuka lebar bagi lulusan program studi ini.

2. Manajemen Perusahaan

Anak Administrasi Bisnis ini mempunyai kompetisi yang sangat komplit dan salah satunya manajemen organisasi bisnis, sehingga lulusannya akan kompeten untuk mengisi kursi manajemen di sebuah perusahaan bisnis, kamu bisa mendaftar kesebuah perusahaan untuk mengisi Manajemen Trainee.

Manajemen Trainee adalah pegawai yang akan di fungsikan sebagai manajemen dan diawal masuk nanti akan belajar terlebih dulu beberapa bulan tentang perusahaan tersebut sebelum diposisikan di bagian manajemen perusahaan, biasanya yang melakukan perekrutan posisi Manajemen Trainee adalah perusahaan-perusahan besar . Kamu akan kompeten di posisi ini jik bisa mempunyai kemimpinan dan pengambilan keputusan yang baik.

3. Sumber Daya Manusia

Kamu ketika sudah lulus dari program studi Ilmu Administrasi Bisnis juga bisa melamar dan menempati posisi pekerjaan ini. Kamu akan mempunyai kompetensi untuk menjadi bagian dari Unit Sumber Daya Manusia di sebuah perusahan.

Staff SDM atau bahasa lainnya Human Resource Department akan bertugas untuk menyeleksi atau mewawancara calon pekerja disebuah perusahaan serta mengatur beberpa kebijakan tentang karyawan di sebuah perusahaan.

4. Staff Marketing/Pemasaran

Selama diperkuliahan kamu juga belajar tentang pemasaran, jadi kesempatan kamu untuk bisa mengisi staff marketing perusahaan-pun akan terbuka untuk kamu jika kamu cukup sreg dan punya percaya diri menjadi seorang pemasar yang piawai.

Menjadi seorang staff marketing bukan hanya mengandalkan pandai bicara saja, akan tetapi harus cukup berwawasan tentang produk dan segala seluk beluk perusahan, maka seorang lulusan ilmu administrasi bisnis akan mempunyai kompetensi untuk mengisi posisi ini.

5. Entrepreneur / Wirausahawan

Seperti yang dijelaskan diwal bahwa di program studi Ilmu Administrasi Bisnisa ini kamu akan mempelajari segala seluk-beluk yang berhubungan dengan bisnis, maka seorang lulusan Ilmu Administrasi bisnis bukan saja bisa mengelola bisnis orang lain, tetapi akan mampu membuat bisnis sendiri dan menjalankannya.

Menjadi seorang Entrepreneur tentu saja akan sangat membanggakan apalagi tren sekarang banyak fresh graduate yang memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha dan banyak yang berhasil menjadi pengusaha yang sukses mengembangkan bisnisnya.