Pengalaman Yayasan Pendidikan Keuangan dan Perbankan (YPKP) mengelola pendidikan lebih dari 44 tahun, semenjak 1968 mengelola Akademik Bank Nasional (ABN) Cabang Bandung , kemudian ABN berubah menjadi AKUBANK YPKP, dan berubah lagi menjadi STIE YPKP, serta mendirikan STT YPKP. Selanjutnya STIE YPKP dan STT YPKP bergabung ditambah Fakultas Ilmu Komunikasi dan Administrasi sehingga menjadi Universitas Sangga Buana YPKP.

Pendirian USB YPKP bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang nilai-nilai luhur bangsa dalam mengelola program pendidikan dari Diploma, Sarjana dan Pascasarjana dalam upaya mencapai masyarakat adil, makmur dan sejahtera yang diridhoi oleh Allah SWT.

Universitas Sangga Buana Yayasan Pendidikan Keuangan dan Perbankan, yang disingkat USB YPKP berdiri sejak dikeluarkannya Surat Keputusan DIKTI nomor 178/D/O/2006, tanggal 24 Agustus 2006, terdiri dari tiga Fakultas, yang merupakan hasil penggabungan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) YPKP (sekarang menjadi Fakultas Ekonomi USB YPKP) dengan Sekolah Tinggi Teknologi (STT) YPKP (sekarang menjadi Fakultas Teknik USB YPKP), ditambah dengan pendirian Fakultas baru, yaitu Fakultas Ilmu Komunikasi dan Administrasi (FIKA).