Hadi Utoyo Moena dikukuhkan sebagai Guru Besar Ilmu Geoteknik


gurubesarUniversitas Sangga Buana (USB) YPKP Bandung mengukuhkan Dr. Ir. H. Hadi Utoyo Moena M.Sc., MIHT sebagai Guru Besar Ilmu Geoteknologi, bertempat di Aula Kampus USB YPKP Bandung, Rabu (22/02). Hadi dikukuhkan sebagai guru besar Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik USB-YPKP berdasarkan SK Mendiknas No 85197/A4.3/KP/2011 tertanggal 5 September 2011. Dalam orasi ilmiah pengukuhan yang berjudul Geoteknik Sebagai Ilmu Empirik Terapan Dalam Bidang Rekayasa Sipil, Hadi mengupas perkembangan ilmu geoteknik di Indonesia.

Menurut Hadi, ilmu geoteknik menjadi parameter desain struktur bawah seperti pondasi, basement, terowongan dan bangunan lainnya yang dirancang sesuai kemampuan tanah dan batuan dalam memikul beban bagian atas. “Persyaratan stabilitas desain pondasi bangunan harus dipenuhi untuk mendapatkan bangunan infrastruktur yang aman dan stabil yang berorientasi kepada keselamatan dan kenyamanan. Pondasi bangunan harus mampu bertahan dari ancaman air bawah tanah hingga ke kegempaan,” tuturnya.

Sudah banyak contoh kegagalan bangunan infrastruktur yang menyebabkan timbulnya korban jiwa yang tidak sedikit, seperti kasus ambruknya Bendungan Situ Gintung hingga ke Jembatan Mahakam II di Kutai Kartanegara akhir November 2011 silam. “Kedua contoh kasus itu menunjukkan kegagalan geoteknik, dimana kemampuan tanah dan batuan tidak mampu memikul beban struktur di atasnya,” ucapnya.

SILAHKAN BERTANYA